Welcome to PPLH Puntondo!

Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH) Puntondo merupakan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang mandiri, independen dan dijalankan secara profesional. PPLH Puntondo berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Lingkungan Hidup Puntondo (YPLHP) dan mulai melaksanakan kegiatan secara resmi pada 15 Oktober 2001.

PPLH Puntondo (Puntondo artinya Sang Bangau) memiliki areal lahan seluas 5 hektar di Tanjung Puntondo Teluk Laikang, tepatnya di Dusun Puntondo, Desa Laikang, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Di Teluk Laikang inilah seluruh aktivitas PPLH Puntondo dilaksanakan dengan program unggulan Ekosistem Laut dan Pesisir. Ekosistem Laut tersebut berada di wilayah konservasi berjarak sekitar 500 meter dari bibir Pantai Laikang.

PPLH Puntondo dikelilingi hamparan pasir putih dan siapa saja yang berkunjung ke PPLH Puntondo, akan merasakan panorama alam pedesaan yang luar biasa indahnya dengan tiupan angin relatif cukup kencang. Keunikan tradisi lokal masyarakat yang mayoritas adalah nelayan ikan dan rumput laut serta rumah-rumah panggung milik para nelayan, menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung PPLH Puntondo.

Keberadaan PPLH Puntondo di Sulawesi Selatan yang diawali peletakan batu pertama pembangunan kawasan pada 18 Agustus 1998, tidak lain, karena didorong rasa kepedulian terhadap berbagai kerusakan lingkungan yang terjadi di sepanjang pesisir Pantai Laikang serta terancamnya vegetasi pesisir laut dan ekosistem laut seperti hutan bakau dari penebangan liar, pencurian terumbu karang dan pengrusakan terumbu karang yang berada di Teluk Laikang akibat penggunaan bom saat pencarian ikan dan penyebab lainnya.

Seluruh program, kegiatan serta fasilitas yang ada di PPLH Puntondo saling terintegrasi dalam proses pendidikan lingkungan hidup. Tujuannya, untuk menunjukkan bagaimana kita bisa hidup bersahabat dengan alam, dengan cara-cara yang sederhana, menggunakan apa yang disediakan oleh alam dan saling menjaga keberlangsungan hidup kita dengan alam di masa depan.

Metode pembelajaran dilaksanakan secara langsung mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan lingkungan hidup, terbuka, santai tapi tetap serius. Program yang ditawarkan merupakan perpaduan antara belajar lingkungan hidup sekaligus menikmati keindahan ekowisata di Teluk Laikang. Diharapkan, program-program tersebut dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memelihara dan melestarikan lingkungan hidup.