Sebuah Refleksi untuk 15 Tahun PPLH Puntondo

Sebuah Refleksi untuk 15 Tahun PPLH  Puntondo

Pada kenyataannya masalah lingkungan hidup merupakan sikap kurang menyadari pentingnya pelestarian lingkungan. Faktor utama yang yang kurang menyadari mengenai kesadaran lingkungan ialah manusia. Karena manusialah yang selalu berperan aktif terhadap kelangsungan alam sekitarnya. Manusia tidak memiliki rasa cinta lingkungan yang benar. Manusia menganggap bahwa dunia bahkan alam semesta ini merupakan bagian dari dirinya sendiri, mereka tidak memahami bahwa hewan dan tumbuhan juga merupakan bagian dari alam. Manusia tidak pernah berfikir akibat dari perilakunya yang merusak alam tersebut dapat mengakibatkan kerusakan alam sekitarnya.

Manusia memang diciptakan Allah yang martabatnya melebihi segala ciptaan di alam semesta ini. Sehingga mungkin karena itu manusia merasa paling hebat dan bertindak seolah olah sebagai penguasa. Selain itu kemungkinan lain mengapa manusia bertindak semaunya sendiri yaitu kurang tahunya pengetahuan mengenai pelestarian lingkungan. Tapi sebagian manusia dengan akalnya mulai meningkatkan diri sebagaimana manusia beradab, yaitu dengan mulai menggunakan apapun yang disediakan oleh alam untuk kepentingan sehari hari.

15 Tahun sudah PPLH Puntondo, adalah salah satu dari sekian Lembaga Swadaya Masyarakat yang memiliki komitmen untuk sebuah cita-cita yang luhur. Menjadi lembaga swadaya masyarakat yang mandiri dan independen, mendorong dan mengajak masyarakat untuk melestarikan dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup melalui pendidikan.Yang selalu terbingkai dalam mimpi terwujudnya masyarakat yang peduli dan sadar terhadap lingkungan hidup untuk mencapai keharmonisan.

Dengan usia 15 Tahun PPLH Puntondo, kini menjadi semacam proses pendewasaan akan sikap, tindakan dan aksi nyata dalam perjalananya, kritik saran serta harapan yang menjadi sebuah tanggung jawab selama ini tentulah menjadi bagian untuk selalu dan perlu dilakukan untuk mewujudkan mimpi dan cita-cita PPLH Puntondo.