Tips Mudik Lebaran ‘Hijau’

Halo Sahabat PPLH Puntondo, kita akan memasuki hari-hari terakhir bulan suci Ramadhan, dan menyambut hari kemenangan Idul Fitri bersama. Pasti ada banyak yang sudah berencana untuk pulang kampung atau mudik ke berbagai daerah asal di Indonesia untuk merayakan Lebaran dan berkumpul bersama keluarga tercinta. Kali ini Tim PPLH Puntondo ingin berbagi tips agar perjalanan mudik dan lebaran kita semua tetap bersahabat dengan lingkungan. Ini dia…

1. Ketika meninggalkan rumah untuk pulang kampung, jangan lupa mematikan keran air, mencabut stop kontak, dan mematikan lampu yang tidak perlu untuk menghemat energi. Di balik terangnya cahaya itu, ada energi kotor batubara yang dibakar dan berkontribusi pada perubahan iklim. Karena itu mari kita terus dorong pemerintah berikutnya untuk memberikan dukungan penuh pada pengembangan energi terbarukan yang lebih bersih dan aman sehingga lingkungan dapat lebih lestari.

2. Di dalam perjalanan, bawalah selalu tempat makan dan minum sendiri. Dengan melakukan ini kita telah berperan serta dalam mengurangi sampah plastik dan kemasan makanan yang bisa mencemari Bumi karena umumnya mereka perlu waktu lama sekali untuk terurai. Makanya mulai sekarang yuk berhenti menggunakan sampah plastik dan selalu membawa dan menggunakan tas kain setiap kali kita berbelanja.

3. Kendaraan elektrik yang bebas emisi sayangnya masih mendapat dukungan maksimal oleh pemerintah kita, namun kamu tetap bisa menjaga lingkungan dengan cara memaksimalkan kapasitas penumpang kendaraan kamu setiap bepergian agar setiap tetes bahan bakar yang ada, terpakai dengan maksimal. Juga, rawatlah selalu mesin kendaraan kamu, dan mengemudilah dalam batas kecepatan yang wajar supaya tidak boros bahan bakar. Selain itu, biasakan menggunakan angkutan umum sesering mungkin, karena sangat baik untuk mengurangi kemacetan dan polusi kendaraan.

5. Jangan membuang sampah apapun di perjalanan, tunggu sampai berhenti di rest area atau sesampainya di tempat tujuan untuk membuang sampahmu di tempat sampah yang tersedia. Biasakan juga menerapkan prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle) yaitu Mengurangi, Menggunakan kembali, dan Mendaur Ulang barang-barang dalam kehidupan sehari-hari untuk mengurangi sampah kita.

6. Gunakan bahan bahan makanan lokal atau sayuran organik yang diproduksi di daerah kita untuk mengurangi emisi yang dihasilkan dari kegiatan transportasi produk makanan tersebut. Selain itu dengan menggunakan produk lokal, kamu telah ikut membantu perekonomian petani Indonesia.

7. Berbelanja bijak dengan membeli barang-barang yang benar-benar perlu. Tahukah kamu, industri tekstil berkontribusi besar terhadap pencemaran sungai-sungai kita, karena itu jika kamu masih punya baju yang bagus, tidak perlu membeli yang baru untuk Hari Raya Idul Fitri.

8. Jika kamu mengkonsumsi produk laut, pastikan itu ditangkap dengan cara-cara yang berkelanjutan, dan tentunya jangan membeli apalagi mengkonsumsi spesies laut yang dilindungi dan terancam punah seperti ikan hiu, penyu, dan telur penyu. Mereka juga berhak untuk bertemu Ramadhan berikutnya sama seperti kita.

9. Kenali dan jelajahi tempat tempat dengan alam indah di kampung halamanmu. Gunakan waktu liburmu dengan berwisata ke berbagai objek wisata alam, mulai dari hutan, pantai, danau, sungai, hingga gunung yang indah dapat ditemukan di berbagai tempat di Indonesia. Ini akan membuatmu makin menyadari betapa indahnya Indonesia kita dan mengapa kita perlu menjaga dan melindunginya.

Segitu saja tips dari kami, kalau ada yang punya masukan dan tambahan tips untuk Sahabat PPLH Puntondo, jangan lupa kirim ke email kami di [email protected] Salam dari kami, jaga terus Bumi, dan lestarikan alam. Selamat mudik dan salam lestari. 🙂